Halaman

Sunday, March 29, 2020

Kesabaran adalah Permulaan Kesembuhan Penyakit

Kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat dan kesabaran adalah permulaan kesembuhan.” (Ibnu Sina)

Apa yang dikatakan Ibnu Sina sepuluh abad lalu masih diakui oleh ilmu kedokteran dan psikologi, bahwa rasa panik, cemas atau stres berlebihan akan menurunkan kekebalan tubuh. Produksi limfosit untuk melawan infeksi virus jauh berkurang. Bila telah jatuh sakit lalu masih diliputi dengan rasa cemas, maka sakit akan semakin parah karena antibodi tidak cukup menahan gempuran virus seperti COVID-19. 

Kedokteran barat mengatakan meditasi akan menenangkan hati yang gelisah. Islam mengenalnya dengan istilah dzikrullah, semisal shalat, membaca Al Quran, atau bertasbih, tahmid, takbir & istighfar, karena, “hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. 13:28). Kemudian bersabar, tanda akan diberikan kebaikan (kesembuhan), “mereka itu mendapatkan shalawat dan rahmat dari Rabbnya.” (QS. 2:157) dan, “hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS. 39:10)

#Panic #Half #Illness #Calm #Medicine #Parience #Recovery #Avicenna #Allah #Blessing #Unilimited #Rewards

No comments:

Post a Comment